0Comment

Pendakian Gunung Raung memiliki sensasi yang luar biasa karena melalui jalur yang cukup Ekstrem dan sangat cocok bagi yang memiliki adrenalin tinggi sehingga layak diuji di sini. Gunung Raung merupakan gunung yang berada di pulau jawa tepatnya di Jawa Timur berlokasi diantara tida kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso, kemudian jember.

Gunung Raung memiliki ketinggian sampai dengan 3.344 Mdpl sehingga Pendakian Gunung Raung Ini memiliki Sensasi yang tidak terkira. Dengan ketinggian demikian Gunung Raung banyak di minati oleh pendaki karena termasuk Gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur sehingga sangat bisa memacu adrenalin mereka.

Mendaki di Gunung Raung merupakan kegiatan yang menantang adrenalin dan sudah menjadi sangat Familiar dengan para pendaki, kalua bisa di bilang belum lengkap di sebut sebagai Pendaki Gunung kalua belum pernah ke Gunung Raung. Mendaki di Gunung Raung jangan di anggap Enteng, karena memiliki jalur yang ekstrem dengan di jumpai tebing berjurang sebelah kanan kirinya, bahkan sejak dari awal start jalurnya sudah penuh tanjakan.

Walaupun sudah di kasih tau tentang jalurnya yang ekstrem itu justru semakin menantang Adrenalin bagi para pendaki untuk menghampirinya. Kenapa? Karena diluar kesan yang demikian itu ternyata Keindahan Alam yang bisa di lihat sungguh mempesona bagi siapapun, itulah yang membuat para pendaki tidak gentar untuk melakukan Pendakian Gunung Raung .

Keistimewaan Gunung Raung memang memiliki Nilai Tersendiri karena pemandangannya yang pasti para pendaki terpesona  nggak akan mau melewatkannya. Namun sangat dianjurkan untuk para pendaki Pemula Untuk tidak mengambil pendakian di Gunung Raung, Kalau tetap ingin membandel kesana maka harus tim damping oleh Pendaki yang sudah professional.

Nah oleh karena itu bagi para pendaki wajib tahu dahulu tentang Gunung Raung. Disini Rayap Group telah melakukan perjalanan kesana dan ingin membagi cerita kepada pembaca sekalian, bahkan jika anda yang ingin melakukan kegiatan kesana , Rayap Group dengan senang Hati Membantu.

Oya sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Gunung Raung, terlebih dahulu kami Rayap Group sebagai Jasa Mice Profesional ingin memberitahu Jasa Kami Apabila rombongan anda ingin melakukan Pendakian. Selain Menghandel akomodasi disana Juga Ada nilai plus yang bisa rombongan Anda dapatkan, Berikut Ini Penawaran Kami :

1. FUN OFF ROAD

Anda akan kami ajak juga untuk menjajal aktivitas seru Fun Offroad yang semakin menambah kesenangan anda serta lebih memacu adrenalin anda. Offroad adalah kegiatan berkendara menggunakan Jeep di jalan yang medannya tidak rata, berlumpir, berpasir dan melewati medan sungai serta jalan yang penuh bebatuan dengan kondisi apa adanya.

Ini Termasuk Jenis Wisata Alam dengan mengendarai Jeep yang medannya biasa tidak terlalu Ekstrem banget, karena namanya Juga FUN. Fun Offroad ini biasanya di ikuti oleh Karyawan Perusahaan, Kelompok Pendaki , Anggota Keluarga yang berwisata, Dll.

Untuk Harga Silahkan Hubungi saja Rayap Outbound di Tombol Kontak WA  Yang Terpasang di samping Kiri Layar Anda.

Pendakian Gunung Raung

2. MOTIVATION

Motivasi merupakan pemicu semangat atau istilahnya bisa disebut bahan bakar untuk meraih apapaun yang di inginkan sehinggat kinerjanya semakin meningkat. Dengan Motivasi maka semua kegiatan akan menjadi terarah geraknya karena di pandu dengan teori teori yang sudah baku. Nah motivasi ini perlu di berikan oleh seorang Motivator yang sudah berpengalaman.

Kami memberikan juga Training Motivation dengan pembicara yang profesional sehingga akan membakar semangat Tiap Orang dan memberikan dampak positif serta efek yang berlipat ganda. Dengan Motivasi yang tinggi ini seseorang akan lebih bergairah hidupnya untuk mencapai sesuatu, maka dari itu Motivasi perlu di bangun melalui Training Motivation Rayap Group.

3. LEARNING CENTER

Learning Center Rayap Group merupakan akses yang memberikan akses akses pelatihan atau pembelajaran tentang apapun itu yang penyelenggaraannnya di luar ruangan atau bukan tempat biasanya kita belajar. Karena ini berkaitan dengan Pendakian Gunung Raung maka hal yang disasar adalah pelatihan mengenai dasar dasar tentang Pendakian bagi yang masih awam atau pengetahuan tentang sejarah maupun jalur jalur Gunung yang akan di Daki.

PUNCAK DAN KALDERA GUNUNG RAUNG 

Puncak tertinggi pada Gunung Raung dinamakan Puncak Sejati. Pendaki yang berhasil mencapai puncak Sejati ini diwajibkan melengkapi dirinya dengan berbagai keamanan. Ini karena di puncak Sejati Gunung Raung sering terjadi angina yang kencang dan tanah longsor akibat seringnya mengalami pergangtian cuaca.

Tidak Hanya Puncak sejati saja yang Anda temukan ketika melakukan Pendakian Gunung Raung, namun ada 3 Puncak lainnya yang ketinggian nya lebih rendah yaitu Puncak Bendera, Puncak 17 , dan Puncak Tusuk Gigi. Jadi Gunung Raung total memiliki 4 Puncak yang ketinggiannya berbeda beda dan tentu saja memiliki Karakteristik serta keindahan yang tidak sama.

Di Puncak Bendera Gunung Raung anda akan di suguhkan pemandangan yang indah untuk melihat Puncak lainnya yaitu Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, Puncak Sejati dengan View nya yang menyatu. Di puncak bendera ini memiliki hamparan yang cenderung datar sehingga cocok sebagai tempat beristirahat sambal melihat jalan di bawahnya.

Untuk Puncak 17 dan Puncak Tusuk gigi memiliki kondisi terbilang sempit yang membuat para pendaki haris ektra hati hati agar tetap selamat dan juga harus memperhatikan rekan sesame pendaki untuk saling mengingatkan kalua melewat jalur ini. Dari kedua puncak ini para pendaki bisa melihat pemandangan indah melalui berbagai sudut.

Nah di Puncak Sejati lah para pendaki bisa menikmati pemandangan alam lebih indah dan dapat melakukan selfi atau foto foto karena memiliki spot yang mantap. Disini pulalah anda bisa melihat Kaldera atau Kawah besar yang kering untuk anda foto juga.

Sungguh Indah memang ciptaan yang maha kuasa, dengan mencapai puncak Sejati ini anda akan merasakan sungguh besar ciptaakn yang maha kuasa dan akan lebih bersyukur. Area di Puncak sejati sangat luas sekali sehingga anda bisa lebih leluasa disini. Anda akan menemukan Triangulasi dan Plang yang tulisannya berbunyi “Puncak Sejati”.

Gunung Raung Mempunyai Kaldera atau Kawah Raksasa yang terbilang besar dan unik. Kaldera Gunung raung ini berasal dari jaman dahulu yaitu letusan amat dahsyat puncak gunung raung dan menjadi Kaldera terbesar peringkat yang kedua di Indonesia.

Untuk pemilik Kaldera terbesar peringkat pertama di Indonesia adalah Gunung Tambora yang berlokasi di NTB. Kaldera Gunung Raung adalah Kaldera yang kering dan berukuran besar.

Kaldera ( Kawah Raksasa ) Gunung raung inilah yang juga menjadi salah satu tujuan pendaki untuk melihatnya karena begitu indahnya yang mempunyai kedalaman 500 Meter dengan bentuk yang bulat.

Kaldera Gunung Raung

LOKASI DAN AKSES GUNUNG RAUNG 

Puncak gunung RaungAgar anda tidak bertanya Tanya dan bingung tentang Akses menuju Gunung Raung Maka Rayap Group Akan menjelaskan berdasarkan pengalaman kesana. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Gunung Raung menempati tiga kabupaten di jawa timur yaitu Besuki, Bondowoso dan Banyuwangi.

Untuk Rute menuju ke Gunung Raung ada beberapa Pilihan yang bisa anda lalui. Kami Pilihkan saja jalur yang menjadi Favorite atau sering dipilih para pendaki  Yaitu Melalui Jalur Sumber Waringin dan Jalur Kalibaru.

Jalur ini banyak dipilih karena mempunyai medan yang penuh tantangan dan sensasi yang berbeda.

Tergantung Minat Anda Pilih yang mana kami akan sampaikan informasinya, Berikut ini bahasannya:

MELALUI RUTE KALIBARU

Perjalanan Ke Base Camp

Bagi Anda para pendaki yang datang dari luar kota banyuwangi maka silahkan naik kereta saja ke tujuan stasiun Kalibaru, nah dari Stasiun Kalibaru anda dan rombongan bisa langsung naik Ojek atau Mobil dan bilang saja mau ke tujuan Base Camp Kalibaru.

Lagipula jaman sekarang tinggal pencet HP saja asal punya Aplikasi Gojek atau Grab semua tujuan bisa dengan mudah di tuju, asal jangan lupa bayar hehe. Untuk diketahui Kalibaru ini berlokasi di Dusun Wonorejo Desa Kalibaru Wetan.

Setelah sampai ketujuan utama dari stasiun yaitu Base Camp Kalibaru, jangan lupa siapkan segala bekal yang diperlukan, jangan lupa bawa peralatan keamanan.

Perjalanan Ke POS 1

Tujuan selanjutnya adalah POS 1 dimana nanti sepanjang jalan menuju kesana anda bisa menikmati pemandangan kebun kopi warga kesana. Jika anda capek dan ingin menghemat waktu anda bisa naik ojek lagi saja ke POS 1 karena kalau jalan kaki bisa ditempuh dalam waktu 3 Jam, lagipula ini kan belum naik gunungnya jadi terserah and ajika mau ngojek lagi.

Sesampainya di POS 1 anda dan rombongan pasti melihat ada sungai di situ, ngak jauh kok. Nah anda disini di wajibkan untuk mengisi persediaan air minum karena sepanjang perjalanan ke puncak anda tidak akan menemukan sumber air lagi.

Jadi manfaatkan sungai tersebut untuk mengisi persediaan air anda dengan mengisinya penuh, tenang saja air disungai ini siap untuk diminum namanya saja gunung mata airnya alami bro.

Perjalanan Ke POS 2

Perjalanan ke POS 2 anda masih tetap akan menjumpai kebun Kopi dan menyusurinya sampai setelahnya anda akan melewati hutan yang lebat dengan memiliki jalur yang agak menanjak, tapi tenang saja tanahnya rata kok sehingga tidak memberatkan anda.

Perjalanan yang sunggunh melelahkan ini menuju POS 2 di tempuh kurang lebih hingga sampai 4 jam. Setelah 4 Jam sampailah ke POS 2. Disini biasanya para Pendaki mengalami lelah karena perjalanan yang panjang menantang denga Trek Menantang.

Di POS 2 ini kebanyakan menggunakan kesempatan untuk mendirikan tenda untuk beristirahat sebentar. Ada yang memasak ataupun tidur tiduran sambal menikmati snak. Kalau yang memiliki tenaga ekstra sudah tentu bisa lanjut ke POS Berikutnya yaitu POS 3.

Perjalanan Ke POS 3

Berbeda ketika anda dan rombongan menuju POS 2 yang jalanannya tidak terjal. Untuk perjalanan ke POS 3 makin penuh tantangan dan sulit karena memiliki tanjakan yang terjal. Namanya saja mendaki gunung tentu saja jalannya naik jadi anda tidak boleh mengeluh.

Selain terjal jalan menuju POS 3 jalannya jalan setapak sempit dan dipinggirnya penuh dengan semak belukar yg berduri. Dengan medan yang demikian itu jarak ke POS 3 kebanyakan ditempuh pendaki selama kurang lebih 2 Jam.

Perjalanan Ke POS 4, 5, dan 6

Untuk menuju POS 4, 5 dan 6 ini Jalan Mendakinya lebih menjadi terjal dan di kelilingi hutan rimbun. Diantara Jalan menuju POS 4, 5, dan 6 ini anda dan rombongan harus lebih berhati hati karena ada disaat melalui jurang di bagian kanan kirinya dan juga menanjak. Namun untuk waktu tempuhnya lumayan dekatlah tidak sejauh dengan pos pos sebelumnya.

Nah ketika telah sampai di POS 6 ini anda bisa menghela napfas sebentar sambal beristirahat dengan membangun tenda masing masing. Sambil beristirahat anda dan rombongan jangan menghilangkan kesempatan untuk melihat pemandangan yang bikin takjub serta sambal berfoto foto/selfi.

Dari RPOS 6 Ini lah jalan menuju Puncak Gunung Raung akan tercapai, jadi setelah sudah hilang lelahnya silahkan lanjut saja menuju puncak. Puncak yang akan di lalui nanti adalah berurutan Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan sampailah ke puncak tertinggi yaitu Puncak Sejati.

Dalam Menuju Puncak Kepuncak di Gunung Raung ini hanya ada satu saja jalurnya yang tentu saja sangat ekstrem dengan berupa hanya jalan setapak di kanan kirinya ada jurang jadi anda harus berhati hati.  Peralatan Keamanan Andalah yang bertugas disini, jadi gunakan keamanan yang sudah anda siapkan sebelumnya.

MELALUI RUTE SUMBER WRINGIN

Sebelum adanya Rute Kalibaru yang baru di buka di awal tahun 2000an sebenarnya ada rute yang sering menjadi pilihan para pendaki Gunung Raung yaitu Rute Sumber Waringin. Rute Sumber Waringin ini Base Camp nya berlokasi di Desa Sumber Wringin, Wonosari , Bondowoso.

Perjalanan Ke Base Camp

Untuk yang berasal dari Bondowoso tentu lebih enak karena sudah mengenali daerahnya. Namun bagi yang belum tahu, anda search saja dan menuju kea rah Wonosari. Dari Wonosari terus saja hingga menemui Pertigaan Gardu Atta.

Dari Pertigaan ini anda menuju ke desa Sumber Waringin yang merupakan awal mula anda akan melakukan Pendakian Gunung Raung. Ngak usah bingung jaman sekarang anda gunakan saja Google Maps Pasti ketemu kok 😉

Perjalanan Ke POS 1

Ketika akan menuju POS 1 anda akan memulai dari Sumber Waringin lewat perkebunan kopi masyarakat setempat. Biasanya untuk menuju ke sana dengan berjalan kaki menempuh waktu sekitar 3 jam. Namun disana anda bisa menggunakan ojek setempat sehingga anda bisa irit tenaga dan waktu untuk melakukan pendakian nantinya.

Perjalanan Ke POS 2

Setelah mencapai POS 1 jalur selanjutnya akan melewati berbagai keadaan yaitu lading warga sekitar, Kebun Kopi milik warga, dan semak semak belukar sampai dengan hutan yang lebat. Sampailah anda di POS 2 yang dinamakan Pondok Sumur

Perjalanan Ke POS 3

Arah menuju ke POS 3 atau dinamakan Pondok Tonyok berupa jalan setapak yang medannya cukup lumayanlah, namanya juga mendaki pasti anda mengalami yang namanya capek.

Perjalanan Ke POS 4

Begitu juga jalan menuju POS 4 hampir sama dengan ketika anda menuju ke POS 3. Sesampainya di POS 4 ini anda disarankan untuk beristirahat dengan mendirikan Tenda sambal masak untuk makan atau nyemil makanan ringan sambal menikmati pemandangan sekitar. POS 4 ini juga dinamakan Pondok Demit.

Perjalanan Ke POS 5

Setelah cukup istirahatnya di POS 4 anda bisa langsung menuju POS 5. Di Pos 5 ini banyak pendaki yang menyukainya untuk mendirikan tenda disini walaupun di namakan Pondok Mayit. Ini dikarenakan di pos 5 ini aada sebuah Prastasti yang simple terbuat dari tumpukan batu dengan tulisan “ In Memoriam Deden Hidayat “, Dia adalah dulunya pendaki yang tewas di gunung Ini ketika melakukan Pendakian.

Perjalanan Ke POS 5

Perjalanan menuju ke POS 6 tentu saja melalui medan yang lebih berat dengan jalan setapak di kanan kiri jalurnya terdapat jurang yang dalam. POS 6 ini di namakan juga dengan Pondok Angin walapun jalurnya ekstrem namun masih bisa di lalui tanpa peralatan Climbing.

Keunggulan melewati Jalur Sumber Waringin ini adalah anda bisa melihat langsung Indahnya Kaldera Atau Kabah yang terbentuk di Gunung Raung. Ini dikarenakan Sumber Waringin itu sendiri adalah puncak yang berada diseberang lokasi Puncak Sejati daripada Gunung Raung Tersebut, Enak kan? 😊 Tentu berbeda dengan anda yang melewati jalur atau rute Kalibaru yang hanya akan melihat atau bertemmu dengan Puncak Bendera itupun setelah melalui POS Terakhir.

FASILITAS PENDUKUNG DI GUNUNG RAUNG

Untuk agar and dan rombongan dalam perjalanan menuju Puncak Gunung Raung dalam kegiatan Pendakian Gunung Raung, maka harus membersiapkan segalanya dengan matang. Mulai dari bekal makanan, peralatan keamanan dan keselamatan, tenda dan lain sebagainya, Pokoknya jangan sampai ada yang ketinggalan sedikitpun.

Karena Apa?

Walaupun Gunung Raung menjadi Favorit para pendaki namun Fasilitas yang tersedia disana masih belum cukup untuk memenuhi kegiatan atau aktivitas para pendaki. Misalnya saja jika sudah sampai base camp dan ingin beristirahat bagi yang tidak langsung melakukan pendakian,  masih nyewa rumah warga karena di Gunung raung tidak ada penginapan khusus.

Untuk makan pun masih menuju ke warung warung makan warga. Jadi jangan Lupa ya untuk dipersiapkan dengan lengkap jangan ada yang sampai ketinggalan demi kenyamanan anda dan rombongan.

HARGA TIKET MASUK KAWASAN GUNUNG RAUNG

Yang tidak kalah penting Info tentang Pendakian Gunung Raung adalah tentang harga masuk kesana. Tidak mahal kok harganya, anda hanya membayar tiket sebesar kalua tidak salah antara Rp. 15.000 – Rp. 20.000 perorang, namun anda diwajibkan untuk mengisi Formulir Pendakian dan Membayar SIMAKSI. Apa itu SIMAKSI? SIMAKSI adalah Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi.

Untuk menginap anda bisa menghubungi warga sekitar untuk menggunakan rumahnya sebagai tempat penginapan. Harganyapun bervariasi tergantung warga masing masing dan anda bisa menawarnya. Untuk menuju ke POS 1 anda bisa juga menggunakan ojek daripada jalan kaki, jadi siapkan juga Uang Untuk Ojek ya 😊

Nah itulah sekilas tentang Pendakian Gunung Raung, Ayo ajak Tim atau rombongan anda yang tergabung dalam Tim pendaki untuk Mendaki juga Ke Gunung Raung. Tidak lengkap sepertinya kalau pendaki belum mencoba di medan Gunung Raung Ini untuk menguji nyali atau keberanian. TIM Rayap Group saja sudah ke sana masa Tim Anda Belum, Salam Mendaki….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *